Libur Panjang, Pulau Seribu Dibanjiri Wisatawan

Jakarta – Lurah Pulau Tidung, Mashud Hamid, mengatakan libur panjang dari kenaikan Isa Almasih, Kamis, 14 Mei 2015, dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Sabtu, 16 Mei 2015, membuat wisatawan membanjiri Pulau Tidung. “Pengunjung mulai ramai dari Jumat,” kata dia ketika dihubungi, Ahad, 17 Mei 2015.

Mashud merincikan jumlah wisatawan yang datang ke Pulau Tidung. Yaitu, 2.685 orang pada Jumat dan 5.780 orang pada Sabtu. “Ahad, saya belum ada datanya,” ujarnya.

Jumlah wisatawan pada libur panjang pekan ini, ucap dia, lebih banyak dibandingkan libur panjang pada 1 Mei lalu. “Puncaknya Sabtu, ada 4.500 orang yang datang,” katanya.

Dengan banyaknya jumlah wisatawan, ujar Mashud, perputaran ekonomi di Pulau Tidung fantastis. Dia mencontohkan, pada dua hari di pekan ini ada 8.465 pelancong. “Kalau satu orang membayar uang wisata Rp 350 ribu maka perputaran uang hampir Rp 3 miliar,” katanya.

Ketua Asosiasi Wisata di Kepulauan Seribu Micky Muslih mengatakan bukan hanya Pulau Tidung yang diminati saat libur panjang. Menurut dia, beberapa pulau juga dipadati oleh wisatawan. Yaitu, Pulau Pari dikunjungi 7.000 pelancong dari Jumat, Pulau Pramuka sebanyak 3.000 turis, dan Pulau Harapan sebanyak 6.000 wisatawan.

Akibat banyaknya pengunjung, ucap dia, kondisi saat ini di setiap pulau padat dengan pemulangan para wisatawan. Dia berujar, di Pulau Tidung, ada perahu yang pulang-pergi selama empat kali dari menuju Jakarta. “Dari empat pulau, ada 43 kapal yang mengantar wisatawan kembali ke Jakarta,” katanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s